Tanda Pembuahan Berhasil Sebagai Tanda Awal Kehamilan

Tanda awal kehamilan pada umumnya hampir mirip dengan gejala menstruasi. Kondisi yang satu ini kerap membuat kebanyakan wanita merasa bingung saat membedakan gejala awal kehamilan dan gejala menstruasi. Meski begitu ternyata ada beberapa gejala awal kehamilan yang perlu Anda perhatikan. Berikut beberapa gejala awal kehamilan sebagai tanda pembuahan berhasil.

Suasana Hati Berubah-ubah

Jika sudah mulai hamil, pada umumnya suasana hati Anda akan berubah-ubah secara mendadak. Perubahan suasana hati ini berkaitan dengan meningkatnya hormon dalam tubuh. Gejala yang satu ini masih tergolong normal terutama pada trimester awal kehamilan. Biasanya kondisi ini akan membuat Anda menjadi mudah cemas, menangis, bahkan menujukkan beberapa gejala depresi.

Kram Perut dan Pendarahan

Tanda pembuahan berhasil biasanya para wanita akan merasakan kram perut pada bagian bawah. Kram yang terjadi ini hampir menyerupai gejala menstruasi dan sebagian wanita tidak menyadari bahwa dirinya sudah mulai hamil. Tak hanya itu saja, Anda juga akan mengalami pendarahan implantasi yang disebabkan karena proses penempelan sel telur pada dinding rahim.

Siklus Haid Berhenti

Sebagian banyak wanita mulai mencurigai jika dirinya hamil saat siklus haid tak kunjung datang. Namun jangan mudah percaya. Pasalnya ada beberapa kelainan yang menyebabkan siklus haid berhenti. Beberapa hal tersebut antara lain seperti perubahan berat badan yang signifikan, mengonsumsi pil kb, stres, perubahan hormon, dan beberapa faktor lainnya.

Sering Buang Air Kecil

Gejala awal kehamilan selanjutnya biasanya Anda akan merasa lebih sering ingin buang air kecil baik siang ataupun malam hari. Saat Anda mulai hamil, tubuh akan mulai memompa darah dalam jumlah yang banyak sehingga ginjal juga akan memproses cairan dalam jumlah yang banyak pula. Hal ini yang menyebabkan Anda menjadi lebih sering ingin buang air kecil.

Sakit Kepala

Ternyata sakit kepala juga termasuk ke dalam gejala awal kehamilan yang kerap dialami wanita lo. Kondisi yang satu ini dipicu oleh peningkatan darah dan hormon dalam tubuh selama awal masa kehamilan. Jenis sakit kepala yang dirasakan hanya sekadar sakit kepala ringan namun intensitasnya cenderung lebih sering.

Mengalami Sembelit

Sembeli atau konstipasi juga termasuk ke dalam gejala awal kehamilan. Mengapa? Hal ini disebabkan karena hormon dalam tubuh selama awal masa kehamilan menyebabkan sistem pencernaan dalam tubuh menjadi melambat. Tak heran jika wanita hamil kerap mengalami konstipasi.

Reaksi Terhadap Makanan Sangat Berbeda

Setidaknya ada 2 reaksi pada makanan yang sering muncul selama masa kehamilan. Anda bisa sangat menyukai makanan tersebut atau bahkan sebaliknya. Kondisi yang satu ini biasanya lebih sering dikenal dengan mengidam. Kedua reaksi tersebut merupakan gejala normal yang kerap terjadi selama masa kehamilan.

Itulah beberapa gejala awal kehamilan sebagai tanda pembuahan berhasil. Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah Anda benar-benar hamil atau tidak. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan berbagai tips menarik lainnya seputar kehamilan hanya di orami.co.id.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*