Penyebab Keputihan Normal dan Tidak Normal Sebelum Haid

Sebelum haid merupakan salah satu fase yang paling ingin cepat dilewati oleh wanita. Dimana ada banyak tanda sebelum haid yang menyebabkan wanita tersiksa baik secara fisik maupun psikologis. Seperti misalnya sebelum haid wanita akan mengalami sakit perut yang bahkan juga dapat menyebabkan pingsan dan tidak bisa bergerak, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu juga karena perubahan hormon, wanita biasanya menjadi lebih sensitif dan menyebabkan mood swing sebelum maupun selama menstruasi. Tanda terakhir yang mengganggu sebelum menstruasi adalah ketika mengalami keputihan. Penyebab keputihan saat sebelum haid sendiri bisa bermacam-macam yang dapat dikategorikan sebagai sebab keputihan normal dan tidak normal.

Sama seperti keputihan pada umumnya, keputihan sebelum menstruasi adalah ketika munculnya cairan ataupun lendir dari vagina. Hal tersebut terjadi beberapa hari sebelum haid dan mempunyai jumlah, tekstur, dan juga warna yang berbeda dibandingkan keputihan biasa. Mengalami keputihan sebelum haid pada wanita sendiri merupakan hal yang wajar, akan tetapi ada beberapa tanda yang bisa untuk diperhatikan ketika terjadi keputihan yang tidak wajar dan sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter.

Adapun untuk keputihan sebelum haid yang wajar atau normal adalah ketika terjadi selama siklus menstruasi. Keputihan tersebut terjadi karena peningkatan hormon estrogen dan juga progesterone sebelum menstruasi. Hormon tersebut yang membuat wanita mengalami keputihan sebelum menstruasi. Dimana biasanya keputihan yang terjadi bisa menyebabkan cairannya yang bening, encer, dan juga licin. Hal tersebut merupakan keputihan yang masih normal sebelum masa menstruasi. Apabila keputihan yang terjadi juga mengalami warna yang berbeda seperti lebih putih, kekuningan, ataupun kecoklatan, hal tersebut juga tidak perlu dikhawatirkan oleh wanita. Karena warna yang berbeda tersebut masih menjadi tanda bahwa keputihan yang dialami masih normal. Sedangkan untuk keputihan sebelum menstruasi yang baru mengeluarkan bau dan gejala lainnya baru merupakan gejala yang perlu diwaspadai oleh wanita. Dimana beberapa penyebab wanita mengalami keputihan yang tidak normal yang menyebabkan bau hingga nyeri adalah:

  • Infeksi jamur

Penyebab mengalami keputihan yang tidak normal pertama adalah bisa disebabkan oleh infeksi jamur pada vagina. Hal ini dapat terjadi dan menyebabkan keputihan yang terjadi sebelum haid mempunyai tanda kental, menggumpal, dan juga warnanya lebih pekat. Hal tersebut merupakan tanda mudah untuk mengenali keputihan sebelum haid yang terjadi karena infeksi jamur. Selain cairan yang kental, tanda lainnya adalah dapat menyebabkan gatal dan perih pada bagian vulva dan vagina.

  • Vaginosis bakterialis

Penyebab selanjutnya ketika mengalami keputihan yang tidak normal adalah karena adanya bakteri jahat yang menyerang. Hal tersebut dapat terjadi karena jumlah bakteri baik yang kurang, sehingga bakteri jahat lebih mudah untuk menyerang dengan menginfeksi vagina. Oleh karena penyebaran bakteri jahat ini bisa membuat keputihan yang tidak normal seperti dapat menyebabkan bau tidak sedap, terasa gatal, nyeri ketika buang air kecil dan berhubungan seksual dengan pasangan, dan juga keputihan yang warnanya abu-abu.

  • Infeksi menular seksual atau IMS

Penyebab keputihan tidak normal terakhir yang dialami wanita sebelum haid adalah karena infeksi menular seksual. Diana hal ini terjadi karena penularan penyakit seksual seperti chlamydia, gonore, dan juga trikomoniasis. Hal tersebut akan menyebabkan kondisi keputihan yang tidak normal seperti dapat dikenali dari warnanya yang tampak kekuningan ataupun kehijauan. Selain itu juga keputihan mempunyai bau amis dan busuk, dan juga mengalami rasa gatal pada vagina.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*