Penyebab Kaki Bengkak yang Berbahaya dan Cara Mengobatinya

Saat tubuh manusia membesar tidak seperti kondisi sebelumnya dalam waktu yang singkat, itu berarti ada yang salah dan perlu dicari penyebabnya karena berhubungan dengan kesehatan serta aktifitas. Salah satu bagian tubuh yang bisa membengkak karena merupakan gejala penyakit tertentu adalah kaki. Kaki yang berada di bagian bawah tubuh manusia menjadi bagian yang lebih mudah bengkak karena lokasinya yang paling jauh dari jantung, tangan dan paling dekat dengan tanah. Mengapa bisa berhubungan dengan semua itu? Berikut ini adalah beberapa penyebab kaki bengkak yang termasuk sebab berbahaya dan bagaimana cara untuk mengobatinya:

  • Gangguan kesehatan jantung.

Jantung memiliki fungsi memompa darah yang berisi oksigen ke seluruh bagian organ. Saat jantung tidak bisa melakukan tugasnya dengan maksimal karena ada masalah di dalamnya, organ di dalam tubuh akan menunjukkan gejala-gejala seperti pada ginjal yang bertugas mencuci darah dan membuangnya melalui urin. Masalah pada ginjal lah yang membuat kaki membengkak karena cairan buangan yang tidak sampai ke kantung kemih. Cara mengobatinya adalah dengan mengobati masalah jantung tersebut baik dengan obat maupun melakukan gaya hidup sehat.

  • Gangguan ginjal.

Gangguan ginjal sendiri yang tidak berhubungan dengan jantung seperti gagal ginjal, peradangan pada ginjal dan lainnya menyebabkan kaki membengkak karena penumpukan cairan. Cara mengobati kaki bengkak akibat ginjal bermasalah adalah dengan banyak minum air putih dan mengobati penyakit pada ginjal tersebut.

  • Pembekuan darah.

Adanya masalah pembekuan darah sehingga kerja jantung terganggu. Hal ini membuat kaki menjadi bengkak karena posisinya yang berada di paling bawah. Cara mengobatinya adalah dengan mengkonsumsi obat pengencer darah hingga kondisi kaki membaik.

  • Cedera.

Pernah merasakan kaki terkilir? Cedera otot pada kaki juga bisa mengakibatkan kaki bengkak. Penyebab kaki bengkak ini mudah dikenali karena rasanya juga sakit dan berwarna merah. Cara mengobatinya adalah dengan mengurut agar otot kembali ke posisi semula dan peredaran darah kembali lancar.

  • Limfedema.

Merupakan masalah pada kelenjar getah bening yang menyebabkan cairan getah bening menumpuk pada kaki sehingga membengkak. Cara mengobatinya, segeralah berkonsultasi dengan dokter jika tak ada luka luar di bagian kaki yang bengkak dan Anda tidak sedang mengandung.

  • Infeksi.

Jika di bagian kaki Anda sebelumnya pernah mengalami luka dan tidak diobati dengan benar sehingga menjadi bengkak, berarti terjadi infeksi di sana. Selain bengkak, kaki juga akan terasa panas dan nyeri. Cara pengobatannya adalah dengan minum antibiotik sesuai dengan petunjuk dokter.

  • Insufisiensi vena.

Pembuluh balik atau vena mengalami gangguan atau kelainan yang menyebabkannya tidak bisa mengalirkan darah kembali ke jantung. Jika tak ada luka luar dan kaki Anda terus membengkak dalam waktu lama, segera bawa ke dokter.

  • Efek samping obat.

Beberapa obat memberikan efek samping kaki bengkak terutama golongan kortikosteroid. Jika ini terjadi, konsultasikan dengan dokter yang memberi resep agar bisa ditinjau apakah efek samping ini membahayakan atau tidak. Dokter juga bisa mengganti obat yang diberikan.

Beberapa penyebab kaki bengkak di atas adalah penyebab yang berbahaya sehingga Anda perlu segera mengkonsultasikannya kepada dokter. Cara mengetahuinya adalah adanya gejala lain yang menyertai seperti demam, rasa sakit di bagian tubuh lain misalnya di pinggang atau sesak di dada dan lainnya. namun ada juga sebab lain yang wajar dan tidak berbahaya seperti bengkak karena kehamilan dan digigit serangga yang bisa hilang dengan sendirinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*