Penggunaan Obat dengan Kategori C Bagi Ibu hamil

Obat Domperidone yang tergolong dalam obat antiematik. Obat ini boleh dikonsumsi oleh siapa saja, baik anak ataupun orang dewasa dengan syarat digunakan dengan resep yang ditentukan oleh dokter. Tetapi tahukah anda, obat ini memiliki syarat khusus bagi ibu hamil atau yang sedang menyusui. Kenapa tidak sama dengan dosis yang ditentukan orang dewasa?

Kategori Obat bagi kehamilan

Domperidone sendiri adalah obat yang masuk dalam kategori C bagi ibu yang sedang  mengandung dan yang sedang masa menyusui. Pernah terdapat percobaan pada sebuah hewan, lalu obat ini memiliki efek yang berpengaruh bagi pertumbuhan janin. Penelitian yang resmi untuk wanita hamil tersendiri belum pernah dilakukan.

Kategori C menurut referensi resiko obat adalah berarti obat ini terdapat kemungkinan beresiko. Oleh karena itu penggunaan obat ini harus dibawah pengawasan dokter kehamilan anda. obat ini bisa digunakan jika memiliki manfaat yang diharapkan melebihi resiko pada janin. Maka konsumsilah obat sesuai resep, dan dokter dapat merekomendasikan obat yang lebih aman bagi kehamilan tersebut.

Untuk Ibu Menyusui

Obat ini tidak direkomendasikan untuk anda yang sedang memiliki bayi yang masih menyusui. Karena obat ini dapat disekresikan melalui Air Susu Ibu atau ASI. Jadi obat ini kurang efektif dan tidak direkomendasikan untuk para ibu menyusui karena akan berakibat buruk bagi kesehatan bayi. Tetapi terdapat salah satu jenis obat yang mengandung domperidone yang dipercaya dapat meningkatkan produksi susu ibu.

Bagi anda yang sedang melewati masa-masa menyusui dan ingin mencari obat domperidone bisa mengunjungi website https://www.goapotik.com/. Anda juga dapat menemukan jenis obat lainnya sesuai dengan kebutuhan. Tetap gunakan syarat-syarat dokter atau apoteker saat menggunakan obat tersebut.

Peringatan Penggunaan Obat

Bagi anda yang sedang hamil, lebih baik sesuaikan penggunaan obat ini menurut anjuran yang diberikan oleh dokter. Sedangkan bagi wanita yang sedang menyusui, menggunakan obat ini dalam masa menyusui tidak disarankan untuk anda. Lalu, bagi anda yang sedang menderita penyakit hati, ginjal dan memiliki kelenjar tumor pada bagian tubuh diharapkan untuk berhati-hati menggunakan obat tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*