Pelatih Legendaris Indonesia yang Harus Kamu Ketahui

Mau nonton pertandingan Timnas Indonesia vs Islandia tapi belum punya tiketnya? Kamu bisa beli di Bukalapak lho! Bukalapak merupakan mitra jual tiket Indonesia vs Islandia resmi sehingga memudahkan kamu membeli tiket pertandingan secara mudah dan aman. Indonesia adalah sebuah negara yang sangat menggemari dunia olahraga terutama olahraga sepak bola. Sepak bola sendiri adalah sebuah olahraga dalam regu atau tim. Di suatu golongan atau perkumpulan pasti akan muncul sebuah sosok yang bisa menciptakan sebuah perkumpulan menjadi hidup. Hal itu juga berlaku di dunia sepakbola, termasuk di pesepak bola Indonesia. Sosok atau seorang pemimpin yang dimaksud dalam sebuah tim sepak bola disebut pelatih sepak bola. Keberhasilan sebuah tim sepak bola yang didapat tidak serta merta datang begitu saja. Mereka harus giat berlatih, mulai dari pemanasan hingga bisa bermain di lapangan. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang pelatih yang handal untuk mereka. Berikut adalah pelatih legendaris Indonesia:

  • Johannes Christoffel van Mastenbroek (Belanda/1938) adalah orang pertama yang memahami cikal bakal timnas Indoneisa membawa Indonesia, yang masih berkostum oranye dan bernama Dutch East Indies, tampil pada Piala Dunia 1938. Selain itu juga, dia menjadi orang pertama yang menggiring timnas ke Piala Dunia sekaligus tonggak awal langkah timnas Indonesia di pentas dunia. Dia bukan melatih timnas bentukan PSSI namun tim NIVU (Nederlandsche Indische Voetbal Unie) milik Belanda, yang kala itu tengah menjajah Tanah Air. Tim NIVU dan PSSI sedang mempersiapkan tim untuk Piala Dunia 1938. Namun, di tengah perjalanan NIVU melanggar perjanjian dan mengirimkan tim sendiri. Tim NIYU sendiri berangkat menumpang kapal MS Johan van Oldenbarnevelt dari Tanjung Priok, 18 Maret 1938.  Kalau mengacu Mastenbroek sebagai pelatih timnas pertama, sejujurnya bukan hanya Piala Dunia 1938 yang sudah diikuti. Dalam Majalah Doenia Film dan Sport 1932, nama Indonesia pun sudah disebut dan menulis bahwa Merah-Putih sudah mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 1934. Dalam ajang internasional Indonesia telah mendapatkan, yaitu: Runner-up Far Eastern Games 1934, kualifikasi Piala Dunia 1938, dan Ronde 1 Piala Dunia 1938.
  • Choo Seng Quee (Singapura/1951-1953): dia adalah pelatih pertama Garuda jika tolak ukurnya ialah kemerdekaan Indonesia. Ia menerapkan metode latihan superketat dan disiplin yang mana hasilnya Indonesia berhasil mencetak 46 gol dan hanya kebobolan Sembilan gol dalam sembilan laga uji coba pada tahun 1953. Dalam hal ini, dia juga bisa membawa Indonesia ke perempatan final Asian Games 1951.
  • Antun “Tony” Pogacnik (Yugoslavia/1954-1964 & 1977): dia adalah seorang pelatih yang bukan berasal dari Indonesia, namun dia begitu mencintai Indonesia. Di sebuah wawancara dia mengatakan bahwa dia mencintai negeri kelahian Yugoslavia dan juga mencintai Indonesia. Dia ingin menjadi warga negara negeri tersebut dan terkubur disana. Setelah wawancara tersebut dia wafat di Indonesia dan menjadi warga negara Indonesia. Oleh PSSI, dia di kontrak selama lima tahun sejak tahun 1954 dan diperpanjang hingga tahun 1959. Selama 10 tahun, ia membawa banyak catatan positif buat timnas Indonesia, yaitu: Perempat Final Olimpiade 1956, Peringkat Keempat Asian Games 1954, Perunggu Asian Games 1958, Fase Grup Asian Games 1962, dan Kualifikasi Piala Dunia 1978.
  • Endang Witarsa (1966-1970, 1981): dia adala seorang pelatih sepak bola dengan bergelar dokter gigi. Bersama timnas Indonesia ia sudah melalui beberapa laga internasional, yaitu: Perempat Final Asian Games 1966, Juara Piala Raja 1968, Runner-up Piala Raja 1969, Juara Aga Khan 1969, Peringkat Keempat Piala Raja 1970, Perempat Final Asian Games 1970, Juara Anniversary Cup 1972, dan Kualifikasi Piala Dunia 1982.

Demikian keempat pelatih legendaris Indonesia yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu ketahui. Nah mong ngomong tentang sepak bola, pada tanggal 11 dan 14 Januari Indonesia akan melawan Islandia dalam pertandingan sepak bola. Dan Bukalapak menjual tiket indonesia vs islandia resmi loh. Grab it fast. Sebelum kehabisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *