Hal Yang Harus Dipersiapkan Ibu Hamil Di Trimester Ketiga

Ketika kehamilan memasuki trimester ketiga, tentunya para ibu akan merasa cemas karena sudah dekat dengan proses persalinan. Namun meskipun begitu kecemasan tersebut harus diatasi dengan tetap fokus melakukan hal yang bermanfaat seperti memperhatikan asupan makanan. Pilihlah makanan yang bergizi seperti yang mengandung kalsium. Pentingnya asupan kalsium selama kehamilan sangat baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan.  Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan ketika kehamilan memasuki trimester ketiga, diantaranya:

  1. Memantau gerakan janin

Selalu memantau gerakan janin sangat penting dilakukan. hal ini bertujuan untuk mendeteksi normal atau tidaknya kondisi janin anda. Biasanya pergerakan janin ini bisa dirasakan pada minggu ke 28. Semakin besar, maka semakin kuat juga janin anda sehingga memungkinkan anda akan merasakan tendangan di perut. Namun perhatikan jika tiba-tiba janin anda mendadak tidak bergerak aktif, kemungkinan itu tanda janin mengalami gangguan kesehatan. Namun di trimester ketiga biasanya janin tidak begitu aktif bergerak, anda tidak perlu khawatir karena hal ini sudah wajar terjadi.

  1. Perlengkapan yang harus dibawa kerumah sakit

Ketika sudah mendekati tanggal perkiraan persalinan, sebaiknya persiapkan beberapa perlengkapan yang harus anda bawa kerumah sakit. Seperti peralatan bayi, baju ganti, dan perlengkapan lainnya. Meskipun kadang sudah meleset, namun tidak ada salahnya jika anda mempersiapkannya jauh hari. Hal ini penting dipersiapkan jika suatu saat tiba-tiba anda akan melahirkan sebelum tanggal prediksi.

  1. Persiapkan stamina

Untuk melakukan persalinan normal, dibutuhkan stamina yang prima. Untuk itu pastikan untuk mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung zat besi untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Selain itu konsumsi juga makanan bergizi lainnya agar asupan nutrisi ibu hamil dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu istirahat yang cukup juga dibutuhkan ibu hamil agar kondisi tubuh tetap stabil dan tidak mudah kelelahan.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika kehamilan sudah memasuki usia ketiga. Temukan berbagai informasi mengenai persiapan kehamilan dan persalinan di Guesehat.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*