10 Tips Remodeling Dapur untuk Memiliki Kitchen Set Minimalis

Terkadang, kita merasa jenuh dengan dapur yang kita miliki. Entah karena banyaknya peralatan, terlalu sempit, atau munculnya kerusakan-kerusakan di dapur. Agar dapur kita terlihat mempesona lagi, lakukanlah remodeling dapur. Namun, untuk melakukan remodeling dapur, ad beberapa persiapan yang harus dilakukan. Sebelum kita membeli peralatan dan bahan material baru, pastikan kita sudah memahami apa yang dibutuhkan. Buatlah perencanaan yang baik agar proses remodeling kita berjalan lancar. Ingat, kita tidak boleh terlalu menggebu-gebu. Remodeling dapur bukan hanya mengubah tampilan dapur saja, namun juga mengoptimalkan fungsinya. Salah satu bentuk remodeling yang bisa dilakukan ialah dengan membuat kitchen set minimalis. Kitchen set ini membantu kita menata dapur dengan rapi. Untuk membuatnya pada dapur yang akan diremodeling, lakukanlah 10 tips berikut!

1. Menyiapkan Biaya

Hal pertama yang harus kita siapkan ialah biaya. Alokasikan biaya untuk pembelian kitchen set serta peralatan dapur lainnya. Selain itu, kita juga harus menyiapkan biaya untuk jasa desain dan pemasangan kitchen set. Buatlah estimasi biaya yang dibutuhkan sehingga kita tidak membuang uang secara percuma. Selain kitchen set dan peralatannya, kita juga harus memperhitungkan biaya tambahan lain jika dapur kita membutuhkan renovasi. Misalnya seperti langit-langit, jendela, pintu, serta instalasi listrik dan pemasangan pipa.

2. Memprioritaskan Hal yang Penting

Kita tentu memiliki alasan kuat yang menyebabkan kita memutuskan untuk melakukan remodeling. Alasan tersebutlah yang harus menjadi prioritas kita. Bila kabinet sudah usang dan tidak cocok untuk peralatan dapur, kita dapat menggantinya dengan kitchen set minimalis. Hal yang sama juga berlaku untuk peralatan-peralatan dapur yang sudah rusak.

3. Mempersiapkan Rencana Pembuatan Kitchen Set

Apabila sudah mengetahui kebutuhan remodeling yang diperlukan, saatnya kita menyiapkan rencana pembuatan kitchen set. Sebenarnya, banyak kitchen set yang dijual di pasaran. Namun, harga yang tertera di sana bukanlah harga pasti. Penyedia jasa harus menyesuaikan kitchen set dengan ukuran dapur kita.

4. Melakukan Riset

Sangatlan penting bagi kita untuk melakukan riset sebelum menentukan keputusan. Oleh karena itu, liatlah barang-barang yang hendak kita beli. Bandingkan harga barang di satu toko dengan toko lainnya.

5. Mencari Inspirasi

Terdapat banyak desain kitchen set yang bisa kita gunakan. Kita hinggal menyesuaikannya dengan dapur kita. Perhatikan setiap jenis kitchet set dengan seksama. Mulai dari bentuk, warna, hingga ukurannya.

6. Mendapatkan Desain Kitchen Set

Setelah melakukan pencarian, biasanya kita akan menemukan desain kitchen set yang cocok. Dengan demikian, kita tinggal memperhitungkan desain tersebut dengan bagian-bagian di dapur kita. Misalnya seperti letak pintu, jendela, serta luas dapur.

7. Mendapatkan Layout yang Cocok

Seperti yang sudah dijelaskan, kitchen set memiliki bentuk dan ukuran yang beragam. Oleh karena itu, kita membutuhkan perencanaan yang matang sebelum membuatnya. Layout kitchen set haruslah disesuaikan dengan cara kita menggunakan dapur.

8. Menyeleksi Barang-Barang di Dapur

Menyeleksi barang-barang di dapur sebelum melakukan remodeling merupakan pilihan yang bijak. Perhatikanlah kabinet serta peralatan yang terdapat di dapur. Apakah keduanya benar-benar harus diganti? Bila kerusakan tidak terlalu parah, kita apat memperbaikinya. Hal ini membuat kita tidak perlu membuang terlalu banyak biaya.

9. Menentukan Detail Kitchen Set

Kita memang sudah mengetahui jenis kitchen set yang kita inginkan. Namun, kita juga harus memperhatikan bagian kitchen set detail. Contohnya seperti bahan countertop, backsplash, serta perlengkapan dapur yang sesuai.

10. Meminta Bantuan Orang yang Profesional

Jika kita sudah mempertimbangkan segala hal dengan baik, saatnya untuk menghubungi penyedia jasa. Sebagai orang yang profesional, mereka dapat  membantu kita memiliki kitchen set yang paling sesuai. Penyedia jasa juga akan menjawab kebingungan-kebingungan kita mengenai remodeling dapur.

Pilihlah penyedia jasa yang memiliki reputasi baik. Lihatlah portofolio mereka untuk memastikannya. Selain itu, penyedia jasa juga harus mengenakan tarif yang sesuai dengan anggaran kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *